3 Nutrisi yang Baik untuk Atasi Mata Kering

3 Nutrisi yang Baik untuk Atasi Mata Kering

Mata kering bisa disebabkan oleh berbagai hal, dari perubahan hormon serta penggunaan beberapa kosmetik. Ada banyak cara untuk mengatasi mata yang kering, salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung vitamin dan zat gizi tertentu.

Pengalaman Mengenai Mata Kering

Mempunyai kebiasaan menggunakan smartphone dengan jangka waktu lama dan bekerja didepan laptop sampai berjam-jam, membuat saya mengalami gejala mata kering, seperti mata sepet, mata pegel, dan mata perih.

Bukan itu saja, saya mengalami mata merah, mata lelah, penglihatan buram, hingga mata seperti berpasir dan kering yang juga termasuk gejala umum dari penderita mata kering. Kondisi mata kering ini dapat Anda atasi dengan mengubah pemilihan nutrisi dengan makanan yang mengandung beberapa vitamin dan zat gizi seperti berikut:

Apa Saja Nutrisi yang Baik untuk Atasi Mata Kering?

Vitamin A

Mata kering dapat dihubungkan dengan kondisi kekurangan vitamin A. Kurangnya vitamin A paling banyak terjadi karena asupan sumber vitamin A yang tidak terpenuhi dengan baik. Pada dasarnya nutrisi vitamin A memang mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan mata supaya tidak kering.

Kebutuhan vitamin A yang seharusnya dipenuhi pada satu hari yaitu sekitar 600 mcg. Tenang, Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin A jika asupan dirasa cukup memenuhi kebutuhan vitamin A.

Anda bisa mengandalkan beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin A seperti telur, susu, wortel, brokoli, berbagai jenis sayuran berdaun hijau, juga buah-buahan.

Sebuah penelitian sudah membuktikan bahwa kekurangan vitamin D berhubungan dengan kondisi mata kering. Vitamin D berkaitan dengan mata yang kering sebab vitamin tersebut mempunyai peran dalam mencegah peradangan atau infeksi.

Vitamin D

Penelitian juga menyebutkan jika jenis vitamin larut lemak ini bisa mencegah kekeringan pada mata dengan merangsang produksi air mata dan menjaga mata supaya tidak mengalami radang. Kebutuhan vitamin D yang perlu Anda penuhi dalam satu hari yaitu sebanyak 20 mcg.

Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen jika Anda makan makanan yang mengandung vitamin D yang tinggi, seperti susu, daging ayam, daging sapi. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh vitamin D ketika terpapar oleh sinar matahari.

Omega 3

Asam lemak baik ini, bukan hanya sehat untuk jantung namun juga bagi mata kering. Penelitian menyatakan bahwa mata kering juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan omega-3 dalam makanan.

Beberapa penelitian juga sudah membuktikan jika omega 3 bisa mencegah serta mengatasi kondisi mata yang kering. Pada sebuah penelitian disebutkan jika omega 3 membantu sirkulasi cairan di bagian mata sehingga maka tidak akan kering akibat kekurangan cairan.

Mengkonsumsi asam lemak omega-3 baik itu dari makanan atau suplemen sebaiknya tidak melebihi 3 gram per hari. Makanan yang mengandung asam lemak omega 3 yakni, berbagai macam ikan laut seperti sarden, tuna, dan salmon.

Insto Dry Eyes Solusi Mata Kering

Untuk mengatasi mata kering, biasanya saya menggunakan #InstoDryEyes #SolusiMataKering. Insto Dry Eyes adalah obat tetes mata yang ampuh untuk mengatasi mata kering. Insto Dry Eyes dikemas dengan botol berwarna biru dengan kandungan hydroxypropyl methylcellulose 3,0 mg dan benzalkonium chloride 0,1 mg.

Obat tetes mata ini bermanfaat untuk meringankan rasa tidak nyaman akibat kurangnya air mata. Dengan Insto Dry Eyes, semua gejala mata kering bisa diatasi dengan cepat. Segera atasi mata kering sebelum Anda mengalami bahaya seperti iritasi, peradangan, bahkan kerusakan permanen pada mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *