7 Tips dan Ide Membuat Kolam Renang Pribadi di Rumah

7 Tips dan Ide Membuat Kolam Renang Pribadi di Rumah

Banyak yang menganggap jika membuat kolam renang pribadi di rumah sulit karena membutuhkan biaya yang besar. Namun kini membuat kolam renang pribadi lebih mudah dengan Obligasi Pemerintah.

Mempunyai kolam renang pribadi di rumah tentu merupakan hal yang menyenangkan karena Anda bisa berenang kapanpun Anda mau. Tidak hanya itu, kolam renang juga dapat mempercantik tampilan rumah dan menambah nilai properti.

Tips Membuat Kolam Renang Pribadi di Rumah

Supaya pembuatan kolam renang berjalan lancar dan sesuai dengan keinginan, maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu langkah-langkah pembuatan kolam. Berikut tips membuat kolam renang di rumah.

  • Menentukan Lokasi

Menentukan lokasi kolam renang tidak bisa sembarangan. Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti jarak kolam dengan lokasi sumur dan drainase atau sistem pengeringan air.

Anda juga disarankan untuk memilih lokasi yang mudah untuk diakses oleh peralatan konstruksi. Lokasi yang dipilih nantinya juga bisa mempengaruhi ukuran kolam yang akan dibuat.

Apabila Anda ingin membuat kolam dengan ukuran sekitar 6 m x 2 m, maka paling tidak Anda memerlukan lahan berbentuk persegi dengan ukuran sekitar 16 m persegi.

  • Memilih Jenis Kolam Renang

Memilih Jenis Kolam Renang

Freepik

Langkah berikutnya adalah menentukan jenis kolam renang yang ingin dibuat. Ada tiga jenis kolam yang biasa digunakan diantaranya yaitu kolam beton, vinyl serta fiberglass.

Masing-masing jenis kolam tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Kolam beton memiliki daya tahan yang kuat namun memerlukan perawatan yang ekstra. Kolam fiberglass lebih mudah perawatannya namun pilihan ukuran dan bentuk sangat terbatas.

Adapun bentuk dan ukuran kolam vinyl sangat beragam, namun Anda perlu mengganti lapisan kolam setiap beberapa tahun sekali. Anda bisa memilih jenis kolam yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Menentukan Desain Kolam

Manfaatkan keuntungan Obligasi Pemerintah untuk membuat desain kolam yang mewah. Ada beberapa ide desain kolam renang yang bisa dipilih seperti kolam berbentuk persegi panjang, oval atau bentuk lain yang sesuai dengan desain rumah Anda.

Tentukan pula aksesoris atau area tambahan yang diperlukan misalnya teras, seluncuran, hand railing, taman di sekitar kolam, air mancur, pencahayaan, atau pembuatan gazebo di sekitar kolam.

Penting untuk menentukan warna air kolam yang diinginkan. Warna air kolam sendiri sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kedalaman kolam, pencahayaan dan iklim.

Anda bisa memilih warna biru yang umum dipakai atau warna lain seperti hijau, warna pasir, putih, atau granit abu-abu. Anda bisa konsultasi dengan profesional untuk mendapatkan warna air kolam yang sesuai keinginan Anda.

  • Memilih Jenis Sistem Pengairan

Ada 2 jenis sistem pengairan yang biasa digunakan dalam pembuatan kolam renang yaitu sistem overflow dan sistem skimmer.

Perbedaan kedua sistem di atas yaitu pada sistem overflow membutuhkan balancing tank atau alat sirkulasi air. Sedangkan pada sistem pengairan skimmer tidak membutuhkan balancing tank dan cocok untuk pembuatan kolam di area yang terbatas.

  • Menentukan Material Kolam

Jika Anda sudah mantap dengan desain, ukuran, lokasi, sampai jenis sistem pengairannya maka selanjutnya Anda bisa menentukan material kolam apa saja yang dibutuhkan.

Paling tidak ada beberapa material yang biasa dibutuhkan dalam pembuatan kolam diantaranya yaitu beton bagi Anda yang akan membuat kolam beton, pasir, kerikil, keramik atau bebatuan alami, filter, pompa, aksesoris tambahan, dan lainnya.

Dalam memilih jenis keramik untuk bagian di sekitar kolam hindari memilih keramik yang licin. Sebaiknya pilih jenis batu alam atau keramik yang kasar atau bertekstur sehingga lebih aman untuk pengguna.

Anda perlu mencatatnya dengan rinci untuk memudahkan penyusunan anggaran. Anda bisa konsultasi dengan kontraktor untuk mengetahui secara rinci apa saja material yang dibutuhkan.

  • Ketahui Pemeliharaan Kolam Renang

Berikutnya Anda juga harus tahu cara memelihara kolam renang yang benar dan mempersiapkan peralatan pemeliharaan yang dibutuhkan.

Pertama air perlu rutin untuk dibersihkan dengan cara menyaring dedaunan atau serangga yang jatuh ke air, membersihkan area dinding kolam serta mengganti air jika dibutuhkan.

Agar kolam terhindar dari bakteri atau kuman maka Anda perlu menjaga keseimbangan pH kolam dengan menggunakan klorin atau alkali dalam dosis yang tepat. Pastikan pula jika sistem sirkulasi air kolam berfungsi dengan baik.

Apabila Anda memilih kolam jenis vinyl jangan lupa untuk mengganti lapisannya jika sudah rusak.

  • Menyusun Anggaran

Terakhir Anda perlu menyusun perkiraan anggaran atau biaya yang diperlukan dalam pembangunan kolam renang.

Biaya pembuatan kolam renang bisa terbagi atas beberapa hal yang pertama yaitu biaya pembuatan konstruksi atau struktur kolam seperti untuk membeli bahan bangunan, pekerja konstruksi, sampai biaya pemasangan sistem pengairan kolam.

Kemudian ada biaya peralatan yang meliputi filter, pompa, perlengkapan sistem sirkulasi air, serta biaya aksesoris tambahan seperti tangga, lampu, dan sebagainya.

Terakhir ada biaya pemeliharaan kolam yang meliputi biaya pembersihan kolam, penggantian air ataupun filter kolam.

Untuk berjaga-jaga, jangan lupa siapkan dana cadangan untuk mengantisipasi jika diperlukan biaya tambahan saat pembuatan kolam dilakukan.

Itulah beberapa tips membuat kolam renang pribadi di rumah. Siapkan rencana yang matang sehingga pembuatan kolam berjalan lancar. Soal dana, Anda bisa mengandalkan salah satu cara yaitu memanfaatkan keuntungan hasil Obligasi. Namun jika Anda awam tentang hal ini, sebaiknya kenali dulu apa itu Obligasi, seperti penerbitnya.

Sebagai informasi, penerbit obligasi adalah pemerintah sehingga investasi dijamin oleh undang-undang. Berinvestasi Obligasi bersama perbankan prioritas DBS Treasures, Anda akan mendapat keuntungan secara periodik melalui pembagian kupon. Jangka waktu bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi mata uang. Anda pun tidak dikenakan biaya tambahan (hanya spread, yakni selisih antara bid dan offer).

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Jadi tunggu apalagi, mulai persiapkan biaya pembuatan kolam renang pribadi Anda dengan Obligasi Pemerintah. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Obligasi bersama DBS Treasures, Anda bisa klik di sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *