Investasi Saham : Definisi, Keuntungan, dan Caranya untuk Pemula

Investasi Saham Definisi, Keuntungan, dan Caranya untuk Pemula

Investasi adalah cara seseorang untuk mempertahankan keuangan yang stabil di masa depan. Jika berbicara mengenai jenis investasi yang paling menguntungkan, maka kebanyakan orang akan menjawab investasi saham. Saham termasuk jenis investasi yang high return, namun juga high risk. Oleh sebab itu, ketahui definisi, keuntungan dan cara memulainya di artikel ini!

Definisi Saham

Definisi saham yaitu tanda penyertaan modal individu atau badan usaha pada sebuah perusahaan atau Perseroan Terbatas. Jika memiliki saham di sebuah perusahaan, maka Anda berhak mendapatkan kepemilikan atas perusahaan tersebut. Hak-hak yang didapatkan pemegang saham yaitu pendapatan perusahaan, aset perusahaan, dan juga hadir dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

Keuntungan Investasi Saham

Anda mungkin penasaran dari mana keuntungan yang didapatkan dari saham. Benar kan? Saham menawarkan high return atau keuntungan tinggi dari beberapa hal berikut ini:

1. Capital Gain

Keuntungan pertama bisa Anda dapatkan melalui capital gain. Capital gain sendiri adalah keuntungan saat investor menjual saham dengan harga tinggi dibandingkan harga beli. Perlu Anda ketahui bahwa saham termasuk aset yang likuid dan mudah diperjualbelikan.

2. Mendapatkan Dividen

Selain melalui jual beli saham, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari dividen. Definisi dividen yaitu bagian keuntungan perusahaan yang diberikan oleh pemegang saham. Jika ingin mendapatkan dividen yang tinggi, maka Anda harus pandai-pandai membeli saham.

Cara Memulai Saham untuk Pemula

Anda masih pemula namun ingin mencoba investasi saham? Berikut ini cara memulai saham yang bisa Anda ikuti:

1. Pahami dan Pelajari Apa Itu Saham

Saham memang menawarkan keuntungan yang tinggi atau high return. Namun sebanding dengan hal tersebut, saham juga memiliki risiko tinggi. Oleh sebab itu, Anda wajib memahami dan mempelajari saham dari sebelum investasi.

2. Pilih Perusahaan Sekuritas yang Tepat

Perusahaan sekuritas atau perusahaan efek adalah perusahaan yang beroperasi di pasar modal yang memiliki badan hukum persero dan mendapatkan izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Perusahaan yang tepat bisa membantu kegiatan investasi Anda.

3. Pakai Idle Cash atau Uang Dingin

Salah satu mindset yang harus dirubah adalah mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat. Meskipun menawarkan return yang tinggi, namun saham tetap berisiko. Jadi, pastikan Anda berinvestasi menggunakan idle cash atau uang dingin. Jangan menggunakan semua uang yang Anda miliki untuk saham. Jika saham tidak menghasilkan, maka Anda akan kesulitan keuangan.

4. Buat Perencanaan Trading

Cara terbaik meminimalisir risiko saat berinvestasi yaitu membuat perencanaan, termasuk saat melakukan trading saham. Rencana trading umumnya meliputi daftar saham, titik entry, titik exit, dan juga titik cut loss.

5. Investasikan Dana Pada Perusahaan yang Tepat

Pastikan memilih perusahaan yang tepat untuk investasi. Cari informasi mengenai kualitas saham, track record perusahaan, hingga laporan keuangannya. Pemula disarankan untuk memilih saham di indeks IDX30 dan LQ45 agar lebih minim risiko.

Sudah tahu definisi, keuntungan, dan cara mulai investasi saham, kan? Salah satu hal terpenting yang wajib Anda lakukan adalah memilih perusahaan sekuritas yang aman dan terpercaya. MOST by Mandiri Sekuritas adalah pilihannya. Investasi berupa saham di aplikasi ini sangat mudah, simple dan cepat. Bahkan, Anda bisa menggunakan aplikasi berbasis mobile dari mana saja dan kapan saja.

Selain itu, ada beberapa kelebihan MOST by Mandiri Sekuritas lainnya seperti kelas investasi gratis, riset dan rekomendasi, jenis layanan transaksi yang fleksibel, dan masih banyak yang lainnya. Download aplikasi MOST by Mandiri Sekuritas sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *