Siklus Menstruasi Normal, Wanita Wajib Tahu

Siklus Menstruasi Normal, Wanita Wajib Tahu

Selain selalu sedia pembalut Laurier, wanita perlu tahu bagaimana siklus menstruasi normal. Menstruasi merupakan bagian dari proses alami organ reproduksi wanita. Meskipun begitu, seberapa sering menstruasi terjadi bisa berbeda-beda pada setiap wanita.

Ada yang mengalami menstruasi secara rutin dan tepat waktu. Namun, ada juga yang tidak bisa diprediksi. Lantas, seperti apa siklus yang normal?

Siklus Menstruasi Normal

Menstruasi adalah luruhnya lapisan dinding rahim sehingga menyebabkan terjadinya pendarahan dari vagina. (source: alodokter)

Wanita mulai mengalami menstruasi setelah memasuki masa pubertas, sekitar usia 12 tahun. Siklus ini berlangsung hingga wanita memasuki masa menopause.

Umumnya, siklus normal menstruasi terjadi setiap 28 hari. Meskipun ada juga juga yang lebih cepat atau lebih lama. Bisa 25 hari, sampai 35 hari. (source: hellosehat.com)

Wanita yang memiliki siklus menstruasi dalam rentang waktu tersebut masih terbilang normal. Sebagai contoh, datang haid setiap 23 hari atau 26 hari. Sementara itu, lama waktu menstruasi normalnya berlangsung selama 3-7 hari.

Siklus menstruasi berkaitan erat dengan waktu ovulasi atau pelepasan sel telur. Pada umumnya, ovulasi berlangsung pada hari ke-14 atau tepat pada pertengahan siklus menstruasi.

Nah, waktu terjadinya ovulasi ini dikenal juga sebagai masa subur. Pasalnya, saat itu terdapat sel telur yang sudah siap untuk dibuahi sperma.

Sel telur akan keluar menuju ke rahim. Apabila terjadi pembuahan, maka sel telur akan berkembang menjadi janin yang kemudian tumbuh di rahim wanita.

Sedangkan, jika tidak terjadi pembuahan, maka sel telur akan ikut meluruh bersama dinding rahim saat menstruasi.

Tanda-Tanda Menstruasi Normal

Selain melihat jarak siklus menstruasi normal, terdapat beberapa tanda yang menunjukkan menstruasi normal. Mari simak apa saja tandanya.

1. Warna Darah

Menstruasi normal mengeluarkan darah berwarna merah terang. Warnanya sendiri bisa bervariasi antara wanita. Selain itu, warna darah bisa dipengaruhi oleh tingkat kekentalan dan volume darah.

Jika ingin memeriksa, maka Anda bisa mengecek warna darah pada pembalut Laurier di hari pertama atau kedua menstruasi. Hal ini karena warna darah pada waktu tersebut masih segar.

Sementara itu, pada hari terakhir menstruasi warna darah berubah menjadi kecoklatan.

2. Lama Waktu Haid

Selanjutnya, Anda juga bisa melihat tanda menstruasi normal dari lama waktu. Menstruasi normalnya berlangsung selama 3 sampai 7 hari. Meskipun ada juga yang mengalami haid hanya selama 2 hari.

Lama waktu haid bergantung pada volume darah yang keluar. Biasanya, wanita dengan waktu haid singkat memiliki volume darah lebih banyak.

3. Keputihan

Keputihan merupakan gejala yang umum menjelang menstruasi. Tandanya yaitu keluar cairan berwarna putih jernih dengan tekstur kental dan lengket. Cairan ini normalnya juga tidak berbau.

4. Gejala Haid

Bagi wanita, normal untuk mengalami berbagai gejala haid seperti perut kembung, muncul jerawat, mood swing, kram pada perut, kesulitan tidur, dan payudara sensitif.

 

Itulah berbagai hal tentang siklus menstruasi normal yang perlu Anda ketahui. Meskipun termasuk proses normal tubuh, menstruasi bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Agar tetap nyaman, pastikan pakai pembalut Laurier, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *